Relawan Petisi Kedaulatan

1471989_560273940730399_703285392_n

Kita Semua adalah Relawan, Kita Semua adalah Fasilitator, Kita Semua Juru Bicara di Kota di Mana Kita Tinggal dan Kita Semua Sahabat Petisi Kedaulatan!

Dengan Cinta dan Kasih Sayang Kita Bekerja!

Dengan Cinta dan Kasih Sayang Kita dan Petisi Kedaulatan ini akan Memberikan Hadiah Tersebar buat Bangsa dan Rakyat Indonesia!

Saudaraku, cita-cita Petisi Kedaulatan ini adalah sesuatu yang agung yang menjadi harapan seluruh rakyat Indonesia. Namun untuk mewujudkan cita-cita ini membutuhkan energi yang besar yang tidak mungkin terpenuhi kecuali dengan kebersamaan, solidaritas dan partisipasi kita semua, Rakyat Indonesia.

Jika Saudaraku mengabarkan cita-cita Petisi Kedaulatan ini secara suka rela lewat media apapun, dengan cara apapun dan di lingkungan sekecil apapun (termasuk keluarga anda sendiri) pada dasarnya Anda telah menjadi Relawan dan Sahabat Petisi Kedaulatan ini.

Meskipun demikian, setiap kita secara alami mempunyai kesempatan waktu, kemampuan dan lokasi yang berbeda sehingga dengan data pribadi yang Anda kirim memudahkan koordinasi dan silaturrahmi satu sama lain. Silahkan isi formulir pendaftaran relawan di sini. Atau kirim data pribadi Anda (minimal nama, kota dan nomor kontak) ke email info@petisikedaulatan.org

Tentunya kami semua, 1500 pendukung awal Petisi Kedaulatan ini bahagia dan berterima kasih sudah ada diantara kita yang siap menjadi relawan. Dengan segala keterbatasan yang kita miliki Tim IT Petisi Kedaulatan akan memfasilitasi komunikasi dan koordinasi diantara para relawan.

Apa Yang Bisa Dilakukan?

Langkah-langkah dan aktivitas relawan Petisi Kedaulatan sebenarnya tergantung dengan kreativitas kita masing-masing, namun beberapa hal di bawah ini bisa menjadi acuan dan pertimbangan aktivitas para relawan.

1. Undang teman-teman Anda di facebook atau media sosial lainnya dan mintalah teman Anda men-share atau menyebarkan ke teman-teman mereka, sehingga Petisi Kedaulatan mulai bergema di kota Anda. Jelaskan secara baik dan sopan sehingga mereka tergerak untuk mendukung.
2. Lakukan sosialisasi dan diskusi secara langsung dengan teman dan keluarga Anda dan jelaskan tujuan mulia Petisi Kedaulatan ini. Jika mereka mendukung berikan lembaran petisi kedaulatan yang bisa Anda copy sendiri dan pada saat yang sama tawarkan diantara mereka yang siap menjadi relawan.
3. Jika telah mendapatkan beberapa relawan dan mendapatkan minimal seratus dukungan tanda tangan lakukanlah diskusi dengan para relawan di kota Anda.
4. Jika ada aktivitas relawan lain yang belum Anda kenal dan melakukan hal yang sama sebagaimana yang Anda lakukan di kota Anda, kami akan menginformasikan kepada Anda untuk bertemu sehingga bisa saling kenal dan berkoordinasi.
5. Jika Anda dan teman-teman relawan Anda telah siap, umumkan ke masyarakat lewat dialog publik atau konferensi pers dan nyatakan Petisi Kedaulatan telah hadir di kota Anda.
6. Sebelum Fasilitator dan relawan di kota Anda mengumumkan ke publik lewat konferensi pers/diskusi/seminar atau pertemuan apapun jenis kegiatannya, ada baiknya dikomunikasikan dengan kami sehingga fasilitator di Jakarta bisa memberikan usulan, gagasan tentang isu yang terus berkembang dan membantu menyebarkan informasi.
7. Setelah Petisi Kedaulatan telah diumumkan di kota Anda, langkah selanjutnya terus memobilisir dukungan rakyat di Kota Anda.
8. Petisi Kedaulatan tidak mengenal ketua atau koordinator, yang ada adalah fasilitator. Diskusikan sendiri dengan teman-teman Anda kebutuhan jumlah fasilitator di daerah Anda dan bagilah sendiri tugas-tugas yang harus dilakukan.
9. Lakukanlah dengan percaya diri dan hanya bergantung sama Yang Maha Agung dan Rakyat di Kota Anda.

Etika dan Sopan Santun Relawan

1. Jelaskan dan ajaklah dengan baik dan sopan kepada semua orang yang Anda temui.
2. Sabar dan jangan marah terhadap orang yang merendahkan atau mencaci Anda, bahkan maafkan mereka karena pada dasarnya mereka belum bisa memahami. Yakinlah, karena pada akhirnya merekapun akan mendukung.
3. Jangan meminta bantuan uang pada siapapun kecuali para pendukung Petisi kedulatan ini dengan suka rela memberikan bantaun tanpa diminta, sehingga Anda tidak berhutang pada siapapun. Itulah kehormatan dan harga diri kita. Jika ada bantuan yang bisa menciderai cita-cita Petisi Kedaulatan ini ada baiknya Anda tolak dengan cara halus dan sopan.
4. Dengan sabar dan tanpa pamrih, kita yakin banyak tangan-tangan gaib yang akan mengakselerasi dukungan rakyat.
5. Tidak boleh pilih kasih orang berdasar etnik, agama, status sosial atau kekayaan seseorang, tetapi apresiasilah sahabat Petisi Kedaulatan berdasarkan kontribusinya bukan karena kedekatan personal.
6. Berdoalah terus kepada Tuhan Yang menciptakan kita, dekatkanlah diri Anda pada Rakyat, niscaya orang yang hartanya hanya harapan dan senjatanya hanya doa dan tangisan adalah kekuatan Anda sebenar-benarnya.

Jika ada hal-hal yang belum jelas komunikasikan pada kami lewat saluran komunikasi yang tersedia.

Selamat melangkah saudaraku, yakinlah! Doa dan tangisan rakyat Indonesia menunggu kehadiran Anda.

Berikut ini adalah link-link yang diperlukan oleh relawan:

1) Formulir Pendaftaran Relawan Petisi Kedaulatan.

2) Formulir Rekap Tanda Tangan Dukungan Petisi Kedaulatan.

3) Formulir Pendaftaran User Name Website Petisi Kedaulatan.

4) Formulir Login Ke Website.

2 Comments on “Relawan Petisi Kedaulatan
  1. Bangsa yg maju adl bangsa yg tdk mlupakan sjarah n jasa para pahlawannya,brjuang bangun bangsa atas nama bangsa
    Dan agama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *